Pages

Selasa, 24 Oktober 2017

LATAR BELAKANG


           a.        Latar Belakang
Peletakan dasar untuk pengembangan pikir dan kepribadian anak sangat ditentukan oleh proses pembelajaran yang diberikan oleh orang tua sejak anak-anak masih berusia pra sekolah 0 hingga 6 tahun. Pengalaman yang diterima oleh anak-anak melalui proses pembelajaran lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, maupun lingkungan kelompok bermain dan Taman Kanak-kanak merupakan hal yang penting dan menentukan bagi anak untuk pengembangan ke depan. Pertumbuhan sikap dan sifat anak akan tergantung pada apa yang dilihat, diperoleh, dan diajarkan oleh orang lain kepada anak karena semua itu menjadikan sumber pengetahuan dan pengalaman yang akan dilakukan oleh anak
Taman Kanak-kanak bukanlah sekolah, sehingga sistem pembelajaran yang diterapkan pada TK tidak bisa disamakan dengan SD. Beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam pembelajaran di TK antara lain bahwa belajar sambil bermain dan bermain seraya belajar. Bahwa dunia anak usia TK adalah dunia bermain dan sedang dalam masa pertumbuhan sehingga belum waktunya bagi anak usia TK untuk belajar sebagaimana yang dilaksanakan di sekolah. Dengan demikian tidak seharusnya anak TK dipaksakan untuk bisa membaca, menulis, dan sebagaimana tuntutan beberapa orang tua. Kemampuan membaca, menulis dan berhitung akan diperoleh pada saat anak duduk di bangku sekolah.
Prinsip yang lain misalnya bahwa anak TK sedang belajar bersosialisasi. Anak TK pada umumnya masih sangat lekat dengan orang tua maupun keluarganya. Dengan demikian perlu ada masa belajar untuk “memisahkan” diri dari orang tua dan mulai berkenalan dengan orang lain. Kemampuan untuk berinteraksi dengan anak lain dari kalangan dan keluarga lain perlu dikembangkan, untuk memberikan bekal dalam bersosialisasi dengan masyarakat.Taman kanak-kanak mendidik serta membimbing anak sebagai persiapan untuk mewujudkan manusia Indonesia seutuhnya yang mampu berdiri sendiri dan mampu bertanggungjawab atas pembangunan bangsa serta memiliki kemampuan dasar sebagai bekal untuk memasuki jenjang selanjutnya, maka kurikulum TK secara keseluruhan berbentuk program yang mendukung pengembangan seluruh aspek perkembangan. Dengan dasar pertimbangan tersebut, maka program pendidikan TK Islam Yaa Bunayya mencakup bidang-bidang pengembangan
1. Pendidikan Pancasila
2. Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa
3. Kemampuan Berbahasa
4. Perasaan, kemasyarakatan, dan kesadaran lingkungan

Dengan adanya program tersebut maka usaha yang hendak tercapai menjadi pedoman di lapangan kelak dan kenyataanya dilapangan menunjukkan bahwa peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan Lembaga TK semakin meningkat,sehingga orang tua yang akan menitipkan  anaknya  dapat dengan mudah mendapat pelayanan dengan baik  di TK Islam Yaa Bunayya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogroll